X TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


 


TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI



    Halo Lokanian, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang Laporan Hasil Observasi.


Laporan hasil observasi merupakan teks yang mengungkapkan fakta-fakta. Fakta tersebut didapatkan melalui proses pengamatan. Laporan hasil observasi harus bersifat objektif, dimana informasi yang diberikan sesuai dengan data yang diperoleh selama observasi. Secara umum, teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur sebagai berikut.

1.    Pernyataan umum atau klasifikasi

Bagian ini berisi pembuka atau pengantar mengenai hal yang akan disampaikan, hal umum tentang objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut.

2.    Deskripsi bagian

Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian dari objek.

3.    Deskripsi manfaat atau kesimpulan

Bagian ini menjelaskn manfaat dari objek yang diobservasi, baik bagi manusia maupun alam secara umum.


Kaidah kebahasaan dalam laporan hasil observasi. Kalimat definisi merupakan kalimat yang menjelaskan suatu hal, baik benda hidup maupun benda mati secara umum. Penggunaan kalimat definisi dalam teks laporan meurjuk pada istilah teknis atau ilmiah yang berkaitan dengan bidang tertentu. Kalimat deskripsi digunakan untuk menggambarkan sifat atau ciri yang khusus atau spesifik dari suatu benda. Kutipan tidak langsung adalah penggunaan pendapat seorang penulis atau tokoh berupa intisari atau ikhtisar dari pendapat tersebut.

Agar kegiatan observasi berjalan lancar, perhatikan panduan menulis laporan hasil observasi yang objektif berikut.

1.     👉Tentukan objek apa yang akan kalian observasi. Objek tersbeut harus menarik dan dikuasai. Memilih objek yang ada di sekitar kalian dapat membantu dalam pengamatan.

2.      👉Tentukan hal apa saja yang akan kalian amati dari objek tersebut sebagai panduan pengamatan.

3.     👉Lakukanlah observasi dengan menggunakan panduan pengamatan yang telah dibuat. Carilah informsi seakurat mungkin. Jika perlu dan memungkinkan, ambilah gambar objek observasi kalian atau bawa beberapa sampel objek tersebut. Kalian juga dapat mendokumentasikan kegiatan observasi dalam bentuk foto dan atau video.

4.  👉Susunlah kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi, yaitu definisi umum, deskrpisi bagian, dan deskripsi manfaat.

5.    👉Kembangkanlah kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu, Pada tahao ini, kalian harus memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik laporan hasil observasi yang telah dipelajari pada bagian sebelumnya.






    Agar laporan hasil observasi lebih menarik untuk dibaca, kalian dapat membuatnya dalam bentuk buku tempel atau scarpbook. Buku tempel merupakan seni kerajinan menata atau menempel beragam gambar, foto, dan tulisan di atas lembaran kertas secara menarik. Selain itu, penyajian dalam bentuk buku tempel juga menjadi semacam memorabilia atau sesuatu yang patut dikenang.




Sumber: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/09/141-menyajikan-laporan-hasil-observasi.html


Lokanian bisa menyimak contoh teksnya di bawah ini.



Jadi Lokanian, kurang lebih itulah materi tentang teks laporan hasil observasi. Sepertinya kalian sudah memiliki wawasan untuk mengerjakan tugas berupa laporan hasil observasi. Tidak hanya itu, yang ingin mengulas materi ini dalam bentuk video singkat, silahkan klik pranala ini ya!


KUIS MODE BERMAIN

PLAY
MULAI
ASESMEN FORMATIF



Tidak ada komentar:

Posting Komentar