Hai, smart student! Apa kabarnya nih? Gak terasa yah kalian sudah
memasuki kelas 12, bentar lagi kalian akan mengakhiri masa paling menyenangkan
selama sekolah yakni masa SMA. Untuk itu kamu harus tetap semangat yah
mengikuti pembelajaran. Nah, pada materi kali ini, kita akan belajar mengenai
surat lamaran. Sebelum masuk ke materi inti, coba deh untuk memikirkan terkait
Apa sih surat lamaran itu? Mengapa kita harus menulis surat lamaran? Lalu,
bagaimana cara menulis surat lamaran? Kalau sudah mencoba untuk memikirkan
beberapa hal. Waktunya untuk menjawab pertanyaan yang kalian pikirkan, caranya
dengan membaca dan menyimak materi yang ada pada pembahasan berikut!
Agar kamu tidak bingung, baca dan
simak terlebih dahulu peta konsep di bawah ini! Hal ini untuk membantu kamu
lebih paham dalam mempelajari dan mengembangkan kompetensi berbahasa yang akan
dipelajari.
Pernahkah kamu mengamati surat
lamaran pekerjaan? Temuan apa yang kamu dapatkan? Coba bandingkan dengan surat
lamaran berikut ini.
Berdasarkan
surat lamaran pekerjaan di atas dapat diketahui bahwa isi dari surat lamaran
meliputi tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda
tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal
lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting
yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir,
sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto.
Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat
keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin
orang tua.
SURAT LAMARAN PEKERJAAN
-
Isi dari
surat lamaran meliputi tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang.
-
Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir,
pendidikan, alamat, serta beberapa
hal yang dilampirkan.
-
Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir,
sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto.
-
Berdasarkan
jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua
jenis.
1. Surat lamaran pekerjaan
yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae)
yang biasa disebut model gabungan
2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup yang
biasa disebut model terpisah
-
Unsur
kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan.
1. Menggunakan
bentuk surat yang standar.
2. Menggunakan
bahasa yang baik dan benar.
3. Menggunakan
kata-kata yang sopan.
4. Menggunakan kata
pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran.
5. Tulisan bersih,
mudah dibaca, dan sesuai dengan kaidah ejaan.
6. Melengkapi
bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat
-
Sistematika penulisan surat lamaran
pekerjaan
1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Lampiran dan hal
3. Alamat surat
4. Salam Pembuka
5. Alinea pembuka
6. Isi
7. Penutup
8. Salam penutup
9. Tanda tangan dan nama terang
-
Berikut ini disajikan tips dalam membuat
surat lamaran pekerjaan.
1. Menggunakan
bahasa yang baik dan benar.
2. Menulis dengan
susunan format rapi.
3. Melengkapi data sesuai dengan keperluan.
4. Melampirkan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja.
Jadi, gak usah cemas yah smart student, selama membaca dan
mencari kamu akan mendapatkan informasi ya kok. Tidak hanya itu, yang ingin
mengulas materi ini dalam bentuk video singkat, silahkan klik pranala ini ya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar