XII Surat Lamaran Pekerjaan


 



Hai, smart student! Apa kabarnya nih? Gak terasa yah kalian sudah memasuki kelas 12, bentar lagi kalian akan mengakhiri masa paling menyenangkan selama sekolah yakni masa SMA. Untuk itu kamu harus tetap semangat yah mengikuti pembelajaran. Nah, pada materi kali ini, kita akan belajar mengenai surat lamaran. Sebelum masuk ke materi inti, coba deh untuk memikirkan terkait Apa sih surat lamaran itu? Mengapa kita harus menulis surat lamaran? Lalu, bagaimana cara menulis surat lamaran? Kalau sudah mencoba untuk memikirkan beberapa hal. Waktunya untuk menjawab pertanyaan yang kalian pikirkan, caranya dengan membaca dan menyimak materi yang ada pada pembahasan berikut!

Agar kamu tidak bingung, baca dan simak terlebih dahulu peta konsep di bawah ini! Hal ini untuk membantu kamu lebih paham dalam mempelajari dan mengembangkan kompetensi berbahasa yang akan dipelajari.


 

Pernahkah kamu mengamati surat lamaran pekerjaan? Temuan apa yang kamu dapatkan? Coba bandingkan dengan surat lamaran berikut ini.

 

Berdasarkan surat lamaran pekerjaan di atas dapat diketahui bahwa isi dari surat lamaran meliputi tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua.

SURAT LAMARAN PEKERJAAN

-          Isi dari surat lamaran meliputi tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang.

-          Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan.

-          Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto.

-          Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis.

1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae) yang biasa disebut model gabungan

2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup yang biasa disebut model terpisah

-          Unsur kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

1.    Menggunakan bentuk surat yang standar.

2.    Menggunakan bahasa yang baik dan benar.

3.    Menggunakan kata-kata yang sopan.

4.    Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran.

5.    Tulisan bersih, mudah dibaca, dan sesuai dengan kaidah ejaan.

6.    Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat

-          Sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan

1.    Tempat dan tanggal pembuatan surat

2.    Lampiran dan hal

3.    Alamat surat

4.    Salam Pembuka

5.    Alinea pembuka

6.    Isi

7.    Penutup

8.    Salam penutup

9.    Tanda tangan dan nama terang

-          Berikut ini disajikan tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

1.    Menggunakan bahasa yang baik dan benar.

2.    Menulis dengan susunan format rapi.

3.    Melengkapi data sesuai dengan keperluan.

4.    Melampirkan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja.

Jadi, gak usah cemas yah smart student, selama membaca dan mencari kamu akan mendapatkan informasi ya kok. Tidak hanya itu, yang ingin mengulas materi ini dalam bentuk video singkat, silahkan klik pranala ini ya!

https://youtu.be/QWlNs0iBMVc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar