SMA XI EKSPLANASI


TEKS EKSPLANASI

Hai Lokanian!!

Apakah kalian pernah mendengar tentang teks eksplanasi? Menurut KBBI (2016), eksplanasi artinya “penjelasan” atau “paparan“. Teks eksplanasi merupakan teks yang menerangkan terjadinya proses atau fenomena, dirangkai secara berurutan dalam hubungan sebab akibat, berisi informasi yang berdasarkan fakta. Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan secara rinci mengenai proses yang terjadi pada suatu fenomena. Teks ini memberikan penjelasan mengenai alasan penyebab suatu peristiwa terjadi dengan menggunakan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh pembaca. 

Lalu, bagaimana ya cara agar seseorang mengerti bahwa sebuah teks disebut sebagai teks eksplanasi? Mari, kenali ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi! 

Ada 4 ciri-ciri teks eksplanasi yang perlu kita ketahui, antara lain:

  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  • Fenomena yang diambil bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Bersifat informatif tetapi tidak mempersuasi.
  • Fokus pada hal umum.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebuah teks bisa dikatakan sebagai teks eksplanasi jika memiliki struktur berupa pernyataan umum, urutan sebab dan akibat, serta interpretasi



1. Identifikasi Fenomena

Di bagian ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi.

2. Rangkaian Kejadian

Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.

3. Interpretasi

Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai ulasan atau penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Lalu, apa saja kaidah teks Eksplanasi?



Dalam menyusun teks eksplanasi perlu memperhatikan kaidah kebahasaan sebagai berikut:

  • Menggunakan kalimat pasif
  • Menggunakan konjungsi kasual dan waktu
  • Terdapat istilah ilmiah
  • Menggunakan kata kerja material dan rasional
  • Bersifat informatif

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar