XII TEKS CERITA SEJARAH


TEKS SEJARAH: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya.


Halo Lokanian! Kali ini, kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian teks sejarah. Selain itu, akan dijelaskan juga tentang pembahasan berbagai unsur dari teks sejarah, seperti struktur, ciri, jenis, kaidah kebahasaan, hingga bentuk penyajian. Tak lupa, akan disajikan juga contoh teks sejarah sehingga dapat memudahkan kamu dalam memahaminya. Yuk simak sampai habis!

MARI MEMAKNAI TEKS CERITA SEJARAH!

TEKS CERITA SEJARAH

-          Teks sejarah merupakan teks yang berisi tentang deskripsi atau cerita terkait suatu fakta dan peristiwa yang pernah ada di masa lalu.

-          Jenis-jenis teks sejarah

1. Sejarah fiksi (novel, cerpen, legenda, dan roman)

2. sejarah non fiksi (biografi, autobiografi, cerita perjalanan, dan catatan sejarah)

-          Ciri-ciri teks sejarah

1. Memuat fakta yang terjadi di masa lalu.

2. Disusun dan ditulis secara runtut atau kronologis.

3. Menggunakan konjungsi temporal

-          Struktur teks cerita sejarah

1. Orientasi

2. Urutan peristiwa

3. Reorientasi

-          Kaidah kebahasaan teks cerita sejarah

1. Kata ganti orang ketiga

2. Keterangan waktu (masa lampau)

3. Keterangan tempat

4. Konjungsi temporal

5. Konjungsi kausalitas

6. Nomina kaidah

7. Verba 

CONTOH TEKS SEJARAH Setelah mengetahui pengertian, ciri, struktur, hingga kaidah kebahasaan dari teks sejarah. Berikut ini adalah contoh teks sejarah beserta strukturnya. Kamu dapat membaca dan memahami teks sejarah di bawah sekaligus melakukan analisis dari pembahasan di atas.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Orientasi

Kemerdekaan Indonesia telah diraih lebih dari 76 tahun yang lalu, tepatnya pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan tersebut tidak diraih secara tiba-tiba. Bukan karena Jepang yang sebelumnya pernah menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia. Namun, kemerdekaan ini diraih setelah melalui beberapa peristiwa sejarah.

Urutan Peristiwa

Dimulai dengan pembentukan BPUPKI pada Maret 1945 untuk merumuskan dasar negara, yaitu Pancasila. Setelah itu, pada 7 Agustus 1945, BPUPKI diubah menjadi PPKI dan Panitia 9 untuk persiapan kemerdekaan Indonesia. Proses perumusan teks proklamasi dimulai pada malam hari tanggal 16 Agustus, setelah Ir. Soekarno dan M.Hatta pulang dari Rengasdengklok. Perumusan teks tersebut bertempat di kediaman Laksamana Maeda saat dini hari. Teks dibuat dan dirundingkan bersama, serta ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan M. Hatta, atas nama bangsa Indonesia. Lalu, teks Proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Keesokan harinya, teks Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno di kediamannya, Jalan Pegangsaan Timur 56. Disaksikan oleh beberapa tokoh nasional, seperti Soewirjo, Trimurti, Ahmad Soebardjo, dan warga Indonesia lainnya. Dengan dibacakannya teks Proklamasi, Indonesia dinyatakan merdeka. Berita kemerdekaan Indonesia itu tersebar dengan cepat melalui radio dan surat kabar. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah segera mengesahkan undang undang dan membentuk MPR untuk menyempurnakan pemerintahan Indonesia.

Reorientasi

Kemerdekaan Indonesia terjadi pada 73 tahun silam, tepatnya 17 Agustus 1945, setelah pembentukan BPUPKI yang bertujuan untuk merumuskan dasar negara atau Pancasila, dan PPKI. Setelah itu, teks proklamasi dirumuskan bersama oleh beberapa tokoh nasional di rumah Laksamana Maeda. Keesokan harinya, Indonesia dinyatakan merdeka setelah pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno. Berita kemerdekaan menyebar dengan cepat melalui radio dan surat kabar. Pemerintah juga segera mengesahkan UU dan membentuk MPR untuk menyempurnakan pemerintahan Indonesia.


 Contoh Teks Sejarah Candi Borobudur

Orientasi

Candi Borobudur merupakaan situs sejarah peningga Budha. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824 atau 300 tahun sebelum Angkor Wat berdiri di Kamboja. Dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropaa dibangun.

Urutan Peristiwa 1

Monumen Budha terbesar di Indonesia ini memiliki luas 123×123 m2 dengan 504 patung buddha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk. Candi Borobudur berarsitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari India. Anda akan mendapat pengalaman tersendiri setelah mengunjungi candi ini.

Urutan Peristiwa 2

Membutuhkan waktu sekitar 75 tahun untuk menyelesaikan pembangunan candi ini. Di bawah komando arsitek Gunadarma dengan 60 ribu meter kubik batuan vulkanik yang diambil di Sungai Elo dan Progo yang letaknya tidak jauh, yaitu sekitar 2 km sebelah timur candi. Pada masa pembangunan candi ini, sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membangun candi borobudur adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau mengukur panjang rambut dari dahi hingga dasar dagu.

Reorientasi

Berdasarkan prasasti Karangtengaah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkiraakan pendiri Borobudur adalah raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, dan membangun candi sekitar 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramodhawardhani. Pembangunan Borobudur diperkiraakan memakan waktu setengah abad.

Gimana menurut kalian? Sangat menyenangkan bukan mempelajari pengertian, struktur, ciri, jenis dan kaidah kebahasaan.  Agar kalian bisa mengetahui tingkat pemahaman kalian yukkk Jawab Quis/Game yang terdapat pada laman in

Yukk, simak video animasi edukasi sejarah proklamasi 


Setelah itu lokanian bisa bermain gim di bawah ini. https://wordwall.net/resource/57807794

https://b.socrative.com/teacher/#import-quiz/72723846

https://b.socrative.com/teacher/#import-quiz/72722924


Tidak ada komentar:

Posting Komentar